PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL TO TRAIN OF STUDENTS SCIENCE PROCESS SKILLS ON THE ACID BASE)

  • RENI ALFIYANI
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan Oneā€“Group Pretest-Posttest Design dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar keterampilan proses sains, serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga memperoleh kriteria sangat baik dengan skor rata-rata secara berurutan yaitu 88,78%; 97,14% dan 98,57%. (2) Aktivitas siswa yang paling dominan dapat diamati pada aktivitas mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru, mengemukakan pendapat, siswa merancang dan melakukan percobaan serta aktivitas siswa pada saat menganalisis data hasil percobaan. (3) Hasil belajar keterampilan proses sains meningkat pada setiap pertemuan dibuktikan dengan peningkatan skor <g> pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga sebesar 0,54; 0,74; dan 0,86 dengan kriteria sedang dan tinggi. Keterampilan proses sains telah dilatihkan dengan baik, N-gain keterampilan proses sains pada indikator mengamati, menyusun hipotesis, interpretasi data, mengklasifikasi, dan menyusun kesimpulan berturut-turut memperoleh nilai 0,78; 0,73; 0,89; 0,61; dan 0,65 yang termasuk dalam kriteria sedang dan tinggi. (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided inquiry sangat baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase 95,98%. Model pembelajaran guided inquiry efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi asam basa.

Kata Kunci : Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains Siswa, Asam Basa.

The purpose of this study is to train science process skills of student by applying guided inquiry model in class XI IPA 6 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo on acid base material. This study uses One-Group Pretest-Posttest Design with quantitative descriptive research type. Instrument used in this study is the observation sheet of the implementation of guided inquiry instructional model, student activity observation sheet, test result sheet of science process learning, and student response questionnaire. The results showed the following data: (1) The implementation of the guided inquiry learning model in the first meeting up to the third meeting obtained very good criteria with the average score in a row that is 88,78%; 97,14%; and 98,57%. (2) The most dominant student activity can be observed in listening activity or pay attention to teacher explanation, express opinion, students maked a design and experiment, also student activity when analyzing experiment result data. (3) The results of the study of science process skills increased at each meeting, evidenced by the increase in score <g> at the first meeting until the third meeting of 0,54; 0,74; and 0,86 with medium and high criteria. The skills of the science process have been well trained, the n-gain of the science process skill in observing indicators, composing hypotheses, interpretations data, classifying, and compiling conclusions consecutively of 0,78; 0,73; 0,89; 0,61; and 0,65 are included in medium and hight criteria. (4) students response to the application of guided inquiry model is very good, it is proved by the percentage acquisition of 95,98%. The guided inquiry learning model is effetive for trapping the science process skils on acid-base materials.

Keywords : Guided Inquiry, Students Science Process Skills, Acid Base.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 35