PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL TO TRAINING PROBLEM SOLVING SKILL ON FACTORS AFFECTING REACTION RATE)

  • MAY NARULITA
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan penyelesaian masalah siswa setelah diterapkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Dengan subyek penelitian yang digunakan sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Krembung. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar tes hasil belajar keterampilan penyelesaian masalah, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian didapatkan data: (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pertemuan pertama sampai ketigaterlaksana dengan persentase sebesar > 61%. (2) hasil belajar keterampilan penyelesaian masalah meningkat dapat dilihat dari peningkatan skor <g> dengan kriteria tinggi pada setiap indikator yaitu pada indikator representasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring sebesar 0,83; 0,84; 0,85; 0,83. (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik yang dibuktikan dengan persentase respon positif untuk seluruh pertanyaan ≥90%.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan penyelesaian masalah, faktor-faktor laju reaksi

The purpose of this research is to know the problem solving skills student through the implementation of guided inquiry learning model on factors affecting reaction rate. The research design that used in this research is One-Group Pretest-Posttest Design. Subject of research used as many as 33 students of class XI MIPA-1 SMAN 1 Krembung. This research using instrument are observation sheet of the implementation of guided inquiry learning model, test of problem solving learning skill, and student response questionnaire. The result of this research is: (1) The guided inquiry learning model at the first to third meeting is accomplished with a percentage of> 61%. (2) the result of problem solving skill can shown by the increase of score <g> with high criteria on each indicators, that are on problem representation, planning, implementation, and monitoring indicators equal to 0,83; 0,84; 0,85; and 0,83. (3) the students response to the implementation of the guided inquiry model is very good as evidenced by the percentage of positive response for all questions ≥90%.

Keywords : guided inquiry, problem solving skill, reaction rates factors.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 43