MELATIHKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTADIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO (TRAINED MATHEMATIC LOGICAL INTELLIGENCE STUDENT THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW TYPE ON REACTION OF MATTER CLASS XI IN SMA NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO)

  • SIGIT PURNOMO
  • DIAN NOVITA

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, hasil belajar kecerdasan logis matematis dan respon peserta didik terhadap pembelajaran pada3 materi laju reaksi. Rrancangan penelitian yaitu“one group pretest-posttest design”. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pre tes dan post test dan angket respon peserta didik Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Rata- rata dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor sebesar 80,8 dengan kriteria baik pada pertemuan pertama dan skor 84,72 dengan kriteria baik sekali pada pertemuan kedua, sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil. 2)Hasil belajar kecerdasan logis matematis secara klasikal dinyatakan tuntas. Hasil belajar kecerdasan logis matematis yang dianalisis menggunakan N- Gain skor mengalami pengingkatan dengan persentase 50% dari 32 peserta didik mendapatkan kriteria tinggi dan sebesar 50% mendapatkan kriteria sedang.3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran mendapatkan repon positif dengan persentase menjawab ya sebesar 93,2% .

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, jigsaw, logis matematis

This study has a goal to know the implementation, the learning result of mathematical logical intelligence and the response of learners to the learning on the material of reaction rate. The research plan is "one group pretest-posttest design". Data collection methods used were observation method, test method and questionnaire method. The instrument used is the observation sheet of learning implementation, the prne test and post test sheet and the questionnaire of the learners response. The result of this research are: 1) The average of the learning implementation gets the score of 80.8 with the criteria both at the first meeting and score 84, 72 with excellent criteria at the second meeting, so that learning can be said to be successful. 2) The learning result of mathematical logical intelligence is classically declared complete. The learning result of mathematical logical intelligence analyzed using N- Gain score has increased with percentage 50% of 32 students get high criterion and 50% get medium criterion. 3) The response of learners to learning get positive reponents with the percentage answer yes is 93.2%.

Keywords: cooperative learningt model, jigsaw, logical mathematical
Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 157