PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X SMA (IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 7E MODEL TO TRAIN SCIENCE PROCESS SKILLS STUDENTSIN THE REACTION OF REDUCTION AND OXIDATION IN CLASS X SMA)

  • RIYA MAWADATUZ ZAKIYAH
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanan, keterampilan proses sains, dan respon peserta didik menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Ketermpilan proses sains yang dilatihkan yaitu merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Rancangan penelitian ini adalah “One Shoot Case Study”. Subjek dalam penelitian ini yaitu 25 peserta didik kelas X MIA 1 MAN 2 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E, lembar tes keterampilan proses sains, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi reaksi reduksi dan oksidasi termasuk dalam kriteria sangat baik dengan perolehan persentase rata-rata keterlaksanaan pada fase elicit 91,66%; engage 87,50%; explore 83,33%; explain 91,66; elaborate 95,83%; evaluate 87,5%; extend 83,33%. Hasil keterampilan proses sains berhasil dilatihkan yang menujukkan hasil bahwa sebanyak 36% peserta didik mendapatkan kriteria baik dan 64% peserta didik yang mendapatkan kriteria sangat baik, yang ditunjukkan dengan dengan indikator keterampilan proses sains merumuskan masalah 92%; merumuskan hipotesis 86%; mengidentifikasi variabel 81%; mengumpulkan data 89%; menganalisis data 72%; dan menyimpulkan 81%. Respon peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan proses sains sangat baik karena memperoleh skor >60%.

Kata Kunci :Learning Cycle 7E, , Keterampilan Proses Sains, dan Respon Peserta didik

The research is puprose to describe feasibilty, science process skills, and response of the student used Learning Cycle 7E learning model on the reduction and oxidation reaction materials. Skilled science process skills that formulate problems, develop hypotheses, identify variables, collect data, analyze data, and conclude. The design of this study is "One Shoot Case Study". Subjects in this study were 25 students class X MIA 1 MAN 2 Gresik. The research instrument used is the implementation of learning cycle model of Learning Cycle 7E, science process skill test sheets, and student response questionnaire. The results of this study indicate that the implementation of Learning Cycle 7E learning model to train the students science process skills in the reduction and oxidation reaction materials included in the criteria is very good with the acquisition of the average percentage of 91.66% in the elicit; engage 87.50%; explore 83.33%; explain 91,66 ; elaborate 95,83%; evaluate 87,5%; extend 83.33%. The result of the science process skill was successfully trained showing the result that as much as 36% learners get good criteria and 64% learners who get very good criteria, which is indicated by with science process skill indicator formulate problem 92%; formulated the 86% hypothesis; identify the 81% variable; collecting 89% data; analyzing 72% data; and concluded 81%.Student response after applied learning model Learning Cycle 7E to trace the science process skill is very good because get score> 60%.

Keywords: Learning Cycle 7E, Skills of Science Process, and Students Response.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 57