MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 JOMBANG (TRAIN SCIENCE PROCESS SKILL THROUGHT IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODELS ON CHEMICAL EQUILIBRIUM AT XI CLASS IN SENIOR HIGH SCHOOL 1 JOMBANG)

  • ARISTINA
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan keterampilan proses sains dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Subyek penelitian ini yaitu 32 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jombang pada semester satu tahun ajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini yaitu pre-exsperimental design. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu “One-group Pretest-Posttest design”. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar soal tes keterampilan proses. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Jombang telah terlaksana dengan baik sekali selama 3 kali pertemuan dengan rata-rata setiap langkah-langkah pembelajaran yaitu pendahuluan, fase 1, fase 2, fase 3, fase 4, fase 5, dan kegiatan akhir sebesar 100%; 100%; 100%; 94,44%; 94,44%; 100%; 100%. Secara keseluruhan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing telah terlaksana dengan persentase ≥ 61% memiliki kategori baik sekali. 2) Keterampilan proses sains peserta didik berhasil dilatihkan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu merumuskan masalah, menyusun hipotesis, menentukan variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, menyimpulkan data dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,67%; 89,45%; 97,79%; 100%; 82,29%; 97,91% dengan kategori baik sekali. Keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan skor N-gain yang diperoleh pada kategori sedang dan tinggi.

Kata kunci : Inkuiri terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Kesetimbangan Kimia

The purpose of this research is to describe implemented learning process and the science process skill of the guided inquiry in matter of chemical equilibrium. The subjects were 32 of students of class XI MIPA 2 SMAN 1 Jombang in semester 1 of the school year 2017-2018. Type of research used is pre- exsperimental design. The research design used is” One-group Pretest-Posttest design”. The research instrument used are the observation sheet of the implementation of the steps larning guided inquiry, sheets of student activity, and the process skill test sheet. The result of this research indicate that : 1) Implementability guided inquiry learning models to train science process skill on the matter of chemical equilibrium class XI in SMAN 1 Jombang in performed very well for 3 meetings with an average of every step introduction, fase 1, fase 2, fase 3, fase 4, fase 5, and end activities by 100%; 100%; 100%; 94,44%; 94,44%; 100%; 100%. Overall implementation of guided inquiry learning model very well with the percentage of 61%. 2) The skill of the science process of studens is successfully trained after implementation of guided inquiry learning model that is formulate the problem, develop hypotheses, determining the variable, collect data, analyze the data, conclusions the data with the percentage classical of 91,67%; 89,45%; 97,79%; 100%; 82,29%; 97,91%. The skill of the science process of studens have increase base on N-gain scor obtain medium and high category

Keywords: Guided inquiry, science process skills, chemical equilibrium


Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 99