IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TO TRACE THE SCIENCE PROCESS SKILLS OF CHEMISTRY EQUILIBRIUM MATERIALS)

  • RENNY ANGGRAENI PUTRI
  • BERTHA YONATA

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization untuk melatihkan keterampilan proses sains materi kesetimbangan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan efektif dengan perolehan persentase kualitas mencapai 90,2% dengan kriteria sangat baik, 2) Aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi dibandingkan aktivitas tidak relevan sehingga model pembelajaran ini efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains, 3) Hasil belajar keterampilan proses sains mencapai skor ³ 72 sesuai KKM dengan skor rata-rata untuk komponen merumuskan masalah, menyusun hipotesis, merencanakan investigasi, memproses data, menganalisis investigasi, dan membuat kesimpulan secara berturut-turut sebesar 90,28; 75,69; 86,81; 84,72; 80,56; 84,03; 90,28 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,55% dengan N-Gain cenderung kriteria peningkatan tinggi dibuktikan dengan peserta didik yang memperoleh kriteria peningkatan tinggi lebih dominan, 4) Hasil belajar ranah kognitif memperoleh skor rata-rata sebesar 81,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,87%, 5) Respons peserta didik terhadap model pembelajaran menunjukkan bahwa secara keseluruhan dalam kategori efektif dan/sangat efektif.

Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran kooperatif, kesetimbangan kimia

This study to describe the implementation of cooperative learning model type Assisted Individualization Team to trace the science process skills of chemistry equilibrium materials. The results showed that: 1) The implementation of learning runs effectively with the acquisition of the percentage of quality reaches 90.2% with very good criteria, 2) The relevance of relevant learners activity compared to the irrelevant activity so that this learning model is effective to trained the skill of science process, 3) The result of science process learning achieves score  72 according to KKM with average score for component formulating problem, preparing hypothesis, planning investigation, processing data, analyzing investigation, and making conclusion respectively 90,28; 75.69; 86.81; 84,72; 80,56; 84.03; 90,28 with classical completeness equal to 80,55% with N-Gain tends to high improvement criteria proved by learners who get high predominantly higher criterion, 4) Cognitive learning result obtained average score 81,11 with classical completeness equal to 88.87%, 5) The learners response to the learning model indicates that the overall category is effective and / very effective.

Keywords: science process skills, cooperative learning model, chemical equilibrium

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 43