PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMAN 2 BANGKALAN (DEVELOPMENT OF WORK SHEET ORIENTED INQUIRY LICENSED TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL IN STUDY ACID BASED CLASS XI SMAN 2 BANGKALAN)

  • WILDA AL ALUF
  • SUKARMIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak ditinjau dari kelayakan teoritis, kelayakan empiris, dan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model R&D, tetapi hanya sampai pada tahap pengembangan produk melalui uji coba terbatas. Instrument yang digunakan yaitu lembar telaah, lembar validasi, lembar pretest dan post test keterampilan berpikir kritis serta angket respon siswa. Sumber data penelitian ini dari tiga dosen kimia dan 12 siswa kelas XI SMA, data tersebut dianalisis menggunakan deskriptif dan kuantitatif. Validasi yang diperoleh dari kelayakan teoritis yang berisi kriteria isi dan kriteria penyajian pada LKS 1 dan 2 berturut-turut persentasenya yaitu (67,5% dan 80%), kelayakan empiris pada LKS 1 dan 2 persentasenya yaitu 89,06%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pre test dan post test keterampilan berpikir kritis setelah diberikan LKS berorientasi inkuiri terbimbing didapatkan nilai sebesar 41,67% meningkat menjadi 100%. Hasil angket respon dari siswa memnunjukkan 89,06% siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan dengan kriteria sangat layak.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, berpikir kritis, asam basa.

This study aims to develop Student Worksheet (LKS) guided inquiry-oriented to train critical thinking skills that deserves review of theoretical feasibility, empirical feasibility, and critical thinking skills. This type of research is development research that refers to the R & D model, but only until the stage of product development through a limited trial. The instruments used are the review sheet, validation sheet, pretest and post test sheet of critical thinking skill as well as student response questionnaire. Sources of this research data from three chemistry lecturers and 12 students of class XI SMA, the data is analyzed using descriptive and quantitative. Validation obtained from the theoretical feasibility that contains the criteria of content and presentation criteria at LKS 1 and 2 respectively the percentages are (67,5% and 80%), empirical feasibility at LKS 1 and 2 percentage that is 89,06%. The classical completeness of the students learning outcomes in the pre test and post test of critical thinking skills after being given a guided inquiry oriented LKS obtained a value of 41.67% increased to 100%. The result of questionnaire response from students showed 89.06% of students gave positive response to LKS that developed with criteria very feasible.

Keywords: Guided self-directed, critical thinking, acid-base.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 35