Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Media Chemic (Chemistry Comic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMAN 1 Krian Sidoarjo

Authors

  • HENGKI MUHAMMAD AKBAR
  • DIAN NOVITA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v7n2.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media Chemic (Chemistry Comic) pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Krian Sidoarjo kelas X IPA 5 tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah 36 siswa. Hasil keterlaksanaan model pemebelajaran pertemuan pertama mendapatkan nilai 91,67% dan pada pertemuan kedua sebesar 95,83%. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran guru mendapatkan persentase 100%. Pada hasil belajar siswa didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 89% dan seluruh siswa mengalami peningkatan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media Chemic (Chemistry Comic) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Kooperatif, Think Pair Share, Chemistry Comic, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 189 , PDF Downloads: 105