VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC) PADA KONSEP LAJU REAKSI

  • ILHAM PRADANA PUTRA HARAHAP Universitas Negeri Surabaya
  • DIAN NOVITA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Miskonsepsi didefinisikan sebagai pandangan atau ide yang salah mengenai sebuah konsep. Pandangan tersebut berbeda dengan konsep yang telah diyakini oleh para ahli kebenarannya. Miskonsepsi yang dimiliki oleh peserta didik tidak dapat dibiarkan begitu saja. Miskonsepsi harus dapat dideteksi sedini mungkin agar tidak memengaruhi pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep berikutnya yang saling memiliki keterkaitan antar konsep. Tes diagnostik dapat digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan instrumen tes diagnostik four-tier multiple choice berdasarkan aspek validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen tes diagnostik four-tier multiple choice dinilai oleh tiga validator berdasarkan aspek isi, konstruk dan bahasa. Reliabilitas tes diagnostik four-tier multiple choice dihitung menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) validitas instrumen ditinjau dari aspek isi, konstruk dan bahasa berturut-turut sebesar 88,35%, 90,03% dan 95,6%dengan kriteria sangat valid dan (2) reliabilitas instrumen yang dihitung sebesar 0,714 yang artinya rhitung>rtabel. Instrumen tes diagnostik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci:Validitas, Reliabilitas, Four-Tier Multiple Choice






Published
2020-05-02
How to Cite
PRADANA PUTRA HARAHAP, I., & NOVITA, D. (2020). VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC) PADA KONSEP LAJU REAKSI. UNESA Journal of Chemical Education, 9(2), 222-227. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p222-227
Section
Articles
Abstract View: 714
PDF Download: 774