KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p253-261Abstract
Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui kelayakan LKPD berorientasi guided discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis materi ikatan kimia kelas X SMA. Kelayakan LKPD ditinjau dari validitas, efektifitas dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) validitas Pada LKPD 1 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. Pada LKPD 2 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. Pada LKPD 3 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. (2) Keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar mendapatkan persentase 80% (3) kepraktisan mendapatkan persentase masing-masing aspek sebesar ?61%, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan.
Kata kunci: guided discovery, ketuntasan hasil belajar, LKPD.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 268
,
PDF Downloads: 747









