KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA

  • SINTYA AIMATUS SOLIKHAH Universitas Negeri Surabaya
  • DIAN NOVITA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui kelayakan LKPD berorientasi guided discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis materi ikatan kimia kelas X SMA. Kelayakan LKPD ditinjau dari validitas, efektifitas dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) validitas Pada LKPD 1 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. Pada LKPD 2 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. Pada LKPD 3 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. (2) Keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar mendapatkan persentase 80% (3) kepraktisan mendapatkan persentase masing-masing aspek sebesar ≥61%, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan.

Kata kunci: guided discovery, ketuntasan hasil belajar, LKPD.

Published
2020-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 604