PENGEMBANGAN E-MAGAZINE TEMA LONTONG KUPANG SIDOARJO PADA MATERI UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p226-237Keywords:
E-Magazine, lontong kupang Sidoarjo, unsur senyawa dan campuranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran E-Magazine tema lontong kupang Sidoarjo pada materi unsur, senyawa dan campuran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonoayu dengan subjek penelitian dari kelas VIII-A dan IX-B semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian mencakup hasil validitas media yang diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media serta hasil respon peserta didik diperoleh dari angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media memperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid dan ditinjau dari aspek materi memperoleh persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. Respon peserta didik pada uji coba perorangan memperoleh hasil rata-rata total sebesar 78% dengan kriteria tinggi, pada uji kelompok kecil memperoleh hasil rata-rata total sebesar 86% dengan kriteria sangat tinggi, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh hasil rata-rata total sebesar 83% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, E-Magazine tema lontong kupang Sidoarjo pada materi unsur, senyawa, dan campuran dinilai sangat valid dan diterima dengan baik oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran IPA.
Downloads
References
Zahwa, F. A., dan Syafi’i, I. 2022. Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, Vol. 19, No. 1, pp. 61–78.
Nisak, R. K., dan Rofi’ah, S. 2023. Problematika Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital. BASICA Journal of Primary Education, Vol. 3, No. 1, pp. 41–50.
Prajawinanti, A. 2020. Pemanfaatan Buku oleh Mahasiswa sebagai Penunjang Aktivitas Akademik di Era Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 8, No. 1, pp. 25–32.
Srikandi, N., Putra, I. A., dan Pertiwi, N. A. S. 2019. Majalah Elektronik Materi Rambatan Kalor untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Journal for Physics Education and Applied Physics, Vol. 2, No. 1, pp. 1–8.
Tarihoran, A. C., Izzati, N., dan Fera, M. 2022. Validitas Media E-Magazine pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. Jurnal Kiprah, Vol. 10, No. 1, pp. 1–11.
Hasanah, Isnaini, M., dan Irmita, L. U. 2021. Pengembangan Media Komik Materi Unsur Senyawa dan Campuran Untuk Siswa. Jurnal Al’ilmi, Vol. 10, No. 2, pp. 1–10.
Apriani, H., Rizkiana, F., dan Khairunnisa, Y. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Zat dan Karakteristiknya. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 1, No. 2, pp. 135–148.
Wulandari D., S., Putera, D. B. R. A., Sidik, R. F., Fikriyah, A., dan Sutarja, M. C. 2023. Pengembangan Majalah IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Madura Tema Rengginang Lorjuk. Pancasakti Science Education Journal, Vol. 8, No. 2, pp. 18–27.
Mulyani, S., dan Basrowi. 2023. Pengaruh Modal Sosial dan Peran Pemerintah Terhadap Pembangunan Pariwisata dengan Partisipasi Masyarakat sebagai Variabel Intervening di Sidoarjo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 10, No. 9, pp. 4367–4377.
Ikerismawati, S., Sholiha, I., dan Yahya, S. 2023. Analisis Angka Lempeng Total Bakteri Petis Kupang Putih (Corbula faba) Industri Rumah Tangga di Desa Sungikulon Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Jurnal Biosilampari : Jurnal Biologi, Vol. 5, No. 2, pp. 207–213.
Amanda, T. Y., Yasir, M., Rakhmawan, A., Sutardja, M. C., dan Putera, D. B. R. A. 2024. Pengembangan Website Kearifan Lokal Jamu Madura pada Materi Zat Aditif. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 13, No. 1, pp. 1–8.
Safitri, M., dan Aziz, M. R. 2022. ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, pp. 50–58.
Aprilianti, P. P., dan Astuti, D. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 3, No. 6, pp. 691–702.
Kartini, K. S., dan Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 4, No. 1, pp. 12–19.
Al Hakim, R., Mustika, I., dan Yuliani, W. 2021. Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), Vol. 4, No. 4, pp. 263–268.
Aulia, S., Yuniasti, A., Wulandari, R., Ahied, M., Munawaroh, F., dan Rosidi, I. 2022. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Jurnal Natural Science Education Research, Vol. 5, No. 2, pp. 50–59.
Mardianto, Y., Azis, L. A., dan Amelia, R. 2022. Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 5, No. 5, pp. 1313–1322.
Rohimah, Yuniasti Retno Wulandari, A., Qomaria, N., Chandra Sutarja, M., dan Rosidi, I. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Materi. Jurnal Natural Science Educational Research, Vol. 6, No. 2, pp. 103–114.
Rohmah, A., Saputra, H. J., dan Listyarini, I. 2020. Pengembangan E-Magazine Berbasis Android dalam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School, Vol. 7, No. 2, pp. 290–296.
Al-Msie’Deen, R., Blasi, A. H., dan Alsuwaiket, M. A. 2021. Constructing a Software Requirements Specification and Design for Electronic IT News Magazine System. International Journal of Advanced and Applied Sciences, Vol. 8, No. 11, pp.104–118.
Rifa’i, A., Setiani, D. S., Alwy, L. A., Ma’rifah, D. R., dan Saifuddin, M. F. 2022. Student Response to Implementation of Moega Smart School LMS in Biology Subject. Paedagogia, Vol. 25, No. 1, pp. 65–78.
Hanafi, H. 2023. Pengembangan Modul SAINS IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 6, pp. 4531–4536.
Sukmagati, P. O., Yulianti, D., dan Sugianto. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Unnes PhysicsEducation Journal, Vol. 9, No. 1, pp. 19–26.
Hanisah, Irhasyuarna, Y., dan Yulinda, R. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 3, pp. 6–16.
Wahyuni, T., Suparman, dan Anwar, A. 2023. Analisis Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada TK Negeri 7 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, Vol. 11, No. 2, pp. 166–175.
Zulaichah, S., Sukarmin, S., dan Masykuri, M. 2021. Pengembangan Modul IPA Berbasis Inquiry Lesson pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa. Edusains, Vol. 13, No. 1, pp. 64–72.
Kua, M. Y., Dolo, F. X., Dinatha, N. M., Suparmi, N. W., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Mo’i, M. G. R., Bhala, M. R., Wele, M. A., dan Meo, K. 2024. Pendampingan Guru IPA SMP dalam Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, Vol. 5, No. 1, pp. 73–84.
Arsini, K. R., dan Kristiantari, M. G. R. 2022. Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 5, No. 1, pp. 173–184.
Ulimaz, A. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati, Vol. 7, No. 3, pp. 159–170.
Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Makrufi, A. D., dan Samsudin, M. 2022. Pembelajaran Online dalam Perspektif Teori Behavioristik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, Vol. 8, No. 4, pp. 1285–1298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

