LITERATURE REVIEW: KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Miterianifa Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rahmat Firdaus Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ayu Nur Saadah Universutas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p73-81

Keywords:

Kolaborasi , Project -Based Learning, Literature Review

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia, termasuk keterampilan kolaborasi yang sangat diperlukan di era abad ke-21. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengevaluasi dan merangkum penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam berbagai topik kimia, seperti hakikat ilmu kimia, larutan penyangga, dan hukum dasar kimia, dengan fokus pada peningkatan keterampilan kolaborasi dan pemahaman konsep siswa. Melalui metode Literature Review, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif mengenai efektivitas PjBL dalam konteks pembelajaran kimia berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya. Hasil penelitian yang diulas dalam artikel ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat memperkuat interaksi antar siswa dalam kelompok, mendorong partisipasi aktif, dan meningkatkan keterampilan sosial. Penemuan ini berasal dari penelitian sebelumnya yang telah dipublikasikan, dan artikel ini bertujuan untuk merangkum serta mengevaluasi temuan-temuan tersebut dalam konteks pembelajaran kimia. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam artikel ini adalah Literature Review, yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang efektivitas PjBL berdasarkan hasil penelitian yang ada. Selain itu, PjBL juga meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam ranah pengetahuan maupun keterampilan. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) berperan penting dalam mendukung pembelajaran akademis dan pengembangan keterampilan kolaborasi siswa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan melalui pengalaman belajar yang relevan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Innayah, A., Mustofa, Z., dan Mukminin, A. 2023. Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa melalui Program Kelas Keterampilan TKR (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) dan TOKR (Teknik Otomotif dan Kendaraan Ringan) Di Man 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, Vol. 7, No. 1, pp. 24–32.

Amiruddin. 2019. Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), Vol. 5, No. 1, pp. 24–32.

Drastisianti, A., Ningrum, L. S., dan Alighiri, D. 2022. Komparasi Hasil Belajar Kimia Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penilaian Performens dan Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Mipa, Vol. 12, No. 3, pp. 875–881.

Ardiansyah, Mardhotillah, Rahmadani, S. A., dan Mahartika, I. 2023. Kecenderungan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kimia Siswa SMA: Review 1. Prosiding Seminar Nasional OPPSI 2023, Vol. 4, No. 2, pp. 102–117.

Dinata, P. A. C., Zainuddin, M., dan Rahzianta. 2016. Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), pp. 139–146.

Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., dan Kartini, N. H. 2021. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Vol. 16, No. 1, pp. 1–11.

Devi, R. S., Mulyasari, E., dan Anggia, G. 2023. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Vol. 9, No. 1, pp. 517–526.

Ramadhan, E. H., dan Hindun. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, Vol. 2, No. 2, pp. 43–54.

Andirasdini, I. F., dan Fuadiyah, S. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Biodik, Vol. 10, No. 2, pp. 156–161.

Hakim, A. R. 2023. Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, Vol. 6, No. 1, pp. 2361–2373.

Ikhlas, A., dan Asyhar, R. 2023. Trik Konsolidasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pembelajaran MIPA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 6, No. 4, pp. 3228–3237.

Jannatu, N., Imah, N., Dan, S., dan Wardani, S. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 9, No. 2, pp. 1566–1574.

Junita, A., Supriatno, B., dan Purwianingsih, W. 2021. Profil Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Praktikum Maya Sistem Ekskresi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, Vol. 4, No. 2, pp. 50–57.

Karnia, N., Rida, J., Lestari, D., Agung, L., Riani, M. A., dan Galih, M. 2023. Strategi Pengelolaan Kelas melalui Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, Vol. 4, No. 2, pp. 121–136.

Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., dan Fatmawan, A. R. 2023. Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Bali: NILACAKRA.

Nuriyani, N., Melati, H. A., dan Hadi, L. 2021. Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Islam Bawari Pontianak. EduChem, Vol. 1, No. 2, pp. 13–23.

Rahmadhani, P., dan Ardi, A. 2024. Studi literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No. 1 SE-Articles of Research, pp. 5153–5162.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., dan Rediani, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Pendidikan IPA SD Mahasiswa PGSD Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), Vol. 6, No. 1, pp. 60–71.

Romadhona, N., Qodriyah, L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., dan Habiddin. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 14, No. 2, pp. 2642–2651.

Santoso, T. D. P. 2022. Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Penguat Audio dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, pp. 276–287.

Siburian, B. K., Rampe, M. J., dan Zeth Lombok, J. 2021. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Journal of Chemistry Education, Vol. 3, No. 2, pp. 76–80.

Sugiarsih, W. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning di SMK Negeri 1 Gombong. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, Vol. 2, No. 4, pp. 320–326.

Suryati, N., dan Salehudin, M. 2021. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 2, pp. 578–588.

Susanty, H. 2022. Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik pada Pemahaman Konsep dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, Vol. 16, No. 6, pp. 1929–1944.

Syafii, I. 2023. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Materi Hakikat Ilmu Kimia dan Metode Ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, Vol. 3, No. 1, pp. 55–60.

Undari, M., Darmansyah, dan Desyandri. 2023. Pengaruh Penerapan Model PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 10, No. 1, pp. 25–33.

Winartiasih, W., Novita, D., dan Ulum, B. 2023. Penerapan Project Based Learning dengan Strategi Teaching At the Right Level untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Hukum Dasar Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 12, No. 3, pp. 244–251.

Zubaidah, S. 2018. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, pp. 1–17.

Downloads

Published

2025-05-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 34