PENGEMBANGAN KARTU UNO AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21 DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Pembelajaran pengayaan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih dengan tantangan belajar yang lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai kapasitas optimal dalam belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran, kelayakan media, dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan media. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka (lembar telaah ahli materi dan ahli media) dan angket tertutup (lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan angket respon siswa). Hasil skor persentase diperoleh berdasarkan perhitungan skor skala likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan skor 82,5% dari validasi ahlimateri dengan kriteria sangat layak, 85% dar validasi ahli media dengan kriteria sangat layak dan 85,5% dari respon siswa dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor presentase sebesar 85,5%, dan dapat disimpulkan bahwa media pengayaan kartu uno akuntansi sangat layak digunakan sebagai alternatif media pengayaan pada materi Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
Kata Kunci: Media Pengayaan, Kartu Uno Akuntansi, Materi Pajak Pengasilan (PPh) Pasal 21
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 51