PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Yani Zahrotul A

Abstract

Motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN Olahraga Jawa timur masih rendah sehingga kemauan untuk belajar kurang sehingga hasil belajar rendah Dengan menerapkan metode pembelajaran STAD siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Olahraga Jawa Timur  yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda,  instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan respon siswa berupa angket, untuk mengetahui aktivitas guru dan murid instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,1%, siklus II sebesar 72,1% dan siklus III sebesar 81,2% dan hasil belajar siswa, yang pada setiap siklusnya meningkat, pada siklus I sebesar 38,1%, siklus II sebesar 58,3%, dan siklus III sebesar 83,3 %. Selain itu aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran telah sangat baik, sedangkan aktivitas siswa semakin baik. Dan hasil respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positif.

Kata kunci : Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi dan hasil belajar.

How to Cite
A, Y. Z. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32733
Section
Article
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 179