ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF DAN POWER POINT

  • WIWIN NUR VIDAYANTI

Abstract

Sebagai seorang pendidik, seorang guru harus mengetahui bahwa profesionalisme seorang guru tidak hanya kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, tetapi juga kemampuannya untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa. Seorang guru dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan salah satunya yaitu bagaimana seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media animasi interaktif dan power point pada mata diklat Akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (Eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas Kontrol dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Bojonegoro dengan jumlah masing-masing kelas 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi interaktif memiliki rata-rata sebesar 88,87 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan media Power Point sebesar 84,84. Berdasarkan uji-t yang didapatkan dari bantuan alat hitung program SPSS dengan statistik uji independent samples test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,025 atau kurang dari 0,05. Sehingga  ditolak dan  diterima. Ini artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media animasi interaktif dengan kelas yang menggunakan media Power Point.

 

 

Kata Kunci: media animasi interaktif, media power point, hasil belajar

Published
2014-08-20
How to Cite
NUR VIDAYANTI, W. (2014). ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF DAN POWER POINT. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9062
Section
Article
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 412