ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF DAN POWER POINT
Abstract
Sebagai seorang pendidik, seorang guru harus mengetahui bahwa profesionalisme seorang guru tidak hanya kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, tetapi juga kemampuannya untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa. Seorang guru dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan salah satunya yaitu bagaimana seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media animasi interaktif dan power point pada mata diklat Akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (Eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas Kontrol dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Bojonegoro dengan jumlah masing-masing kelas 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi interaktif memiliki rata-rata sebesar 88,87 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan media Power Point sebesar 84,84. Berdasarkan uji-t yang didapatkan dari bantuan alat hitung program SPSS dengan statistik uji independent samples test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,025 atau kurang dari 0,05. Sehingga ditolak dan diterima. Ini artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media animasi interaktif dengan kelas yang menggunakan media Power Point.
Kata Kunci: media animasi interaktif, media power point, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 412