PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS WEB MOODLE PADA MATERI MENGELOLA KARTU AKTIVA TETAP DI XI AK SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • FARIN TRIANA

Abstract

Penggunaan media komputer berbasis website dirancang untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, karena media ini memiliki karakteristik menarik, interaktif dan variatif. Pembangunan dan pengembangan media website dengan perangkat lunak Learning Management Sistem (LMS) yaitu moodle yang diharapkan dapat membantu pemahaman materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi mengelola kartu aktiva tetap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media berbasis media web moodle dan tanpa web moodle pada siswa XI AK pada materi mengelola kartu aktiva tetap di SMK Negeri 10 Surabaya.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI AK yang terdiri atas XI AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3 dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 1 sebagai kelas kontrol.

Berdasarkan analisis uji t program SPSS diperoleh hasil t-test menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,001 (0,000 < 0,05). Serta diketahui bahwa thitung > ttabel (7,391 > 2,000) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan dan tanpa menggunakan media berbasis web moodle pada materi mengelola kartu aktiva tetap kelas XI AK di SMK Negeri 10 Surabaya.

Kata kunci : hasil belajar siswa, media berbasis web moodle

Published
2014-08-21
How to Cite
TRIANA, F. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS WEB MOODLE PADA MATERI MENGELOLA KARTU AKTIVA TETAP DI XI AK SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9142
Section
Article
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 31