PENGEMBANGAN MODUL KOMPUTER AKUNTANSI MYOB BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI
Abstract
Salah satu faktor penunjang keberhasilan siswa adalah bahan ajar yang digunkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Surabaya, pembelajaran komputer akuntansi MYOB di sekolah ini belum menggunakan bahan ajar berupa modul selain itu, dalam pembelajaran satu komputer dipakai 2 sampai 3 anak sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul komputer akuntansi MYOB berbasis pembelajaran kontekstual pada kompetensi dasar pencatatan transaksi untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Triagarajan yaitu model 4D (four D Models). Hasil penelitian menunjukkan hasil 79,72% untuk penilaian ahli materi, 74,28% untuk penilaian ahli bahasa, 78,82% untuk penilaian ahli media dan 92,31% untuk uji coba terbatas,sehingga secara keseluruhan diperoleh skor 81,28% dan dapat disimpulkan bahwa modul komputer akuntansi MYOB berbasis pembelajaran kontekstual pada kompetensi dasar pencatatan transaksi untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci : MYOB, Kontekstual
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 892