PENGEMBANGAN MODUL KOMPUTER AKUNTANSI MYOB BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI

  • IDA KURNIA WATI

Abstract

Salah satu faktor penunjang keberhasilan siswa adalah bahan ajar yang digunkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Surabaya, pembelajaran komputer akuntansi MYOB di sekolah ini belum menggunakan bahan ajar berupa modul selain itu, dalam pembelajaran satu komputer dipakai 2 sampai 3 anak sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul komputer akuntansi  MYOB berbasis  pembelajaran  kontekstual  pada   kompetensi   dasar   pencatatan transaksi untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Triagarajan yaitu model 4D (four D Models). Hasil penelitian menunjukkan hasil 79,72% untuk penilaian ahli materi, 74,28% untuk penilaian ahli bahasa, 78,82% untuk penilaian ahli media dan 92,31% untuk uji coba terbatas,sehingga secara keseluruhan diperoleh skor 81,28% dan dapat disimpulkan bahwa modul komputer akuntansi MYOB berbasis  pembelajaran  kontekstual  pada   kompetensi   dasar  pencatatan transaksi untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci : MYOB, Kontekstual

Published
2014-08-21
How to Cite
KURNIA WATI, I. (2014). PENGEMBANGAN MODUL KOMPUTER AKUNTANSI MYOB BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9162
Section
Article
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 892