PENGARUH NET INTEREST MARGIN DAN INFLASI TERHADAP PENYALURAN KREDIT DI INDONESIA PADA BANK UMUM DI INDONESIA

  • BAYU PURNAMA ROHMADONI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh net interest margin (NIM) dan inflasi terhadap penyaluran kredit yang di lakukan oleh bank umum di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terkahir sejak di lakukannya penelitian ini. Penelitian ini di laksanakan di kota sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data skunder yang bersumber dari laporan keuangan Bank Indonesia (BI) dan Statistik Perbankan Indonesia (SPI). Metode yang di gunakan untuk mengolah data dalam penilitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan software Eviews. Hasil penilitian yang dilakukan menunjukan bahwa NIM dan inflasi berpengaruh signifikan negatif terhadap penyaluran kredit oleh bank umum di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Kata kunci: Penyaluran Kredit

 

Abstrack

This research aims to determine the effect of inflation and net interest margin (NIM) to credit distribution of commercial banks in Indonesia role in the last ten years since this research begin. This research was conducted in Sidoarjo city. Type of this research  is quantitative. Data are used in this research is secondary data sourced from financial statements of bank Indonesia and SPI (perbankan statistic of Indonesia). The method of this research is multiple linier regression with help of Eviews software. The result of this research indicate that inflation and NIM have significant and negative effect to credit distribution of commercial banks in Indonesia role in the last ten years.

Keyword: Credit distribution

Published
2016-06-27
How to Cite
PURNAMA ROHMADONI, B. (2016). PENGARUH NET INTEREST MARGIN DAN INFLASI TERHADAP PENYALURAN KREDIT DI INDONESIA PADA BANK UMUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 434
PDF Downloads: 677