PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

  • ASRI WIGATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, pengaruh motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 107 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan motivsi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo sebesar 0,037. Ada pengaruh signifikan motivsi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo sebesar 0,048, Ada pengaruh signifikan motivsi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo sebesar 0,000.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Intrinsik, Motivasi Belajar Ekstrinsik, Hasil Belajar

 

Abstract

 

This research is a associative quantitative research method which aims to determine the influence of intrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, the influence of extrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, the influence of intrinsic learning motivation and extrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo. The population in this research were students of class X IIS is 107 students and the samples are 84 students. The results showed that there is a significant influence of intrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo amounted to 0,037. There is significant influence of extrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo amounted to 0,048. There was a significant influence of intrinsic learning motivation and extrinsic learning motivation toward student learning outcomes of economics  in class X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo amounted to 0,000.

Keyword : Intrinsic Learning Motivation, Extrinsic Learning Motivation, Learning Outcomes

Published
2016-06-30
How to Cite
WIGATI, A. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 294