KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • INTANIA CAHYASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, pengaruh kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 107 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, dibuktikanrhitung2,111 lebih besar daripada rtabel yakni 1,663.(2) ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, dibuktikanrhitung2,145 lebih besar daripada rtabel yakni 1,663. (3) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IIS SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, dibuktikanFhitung10,280 lebih besar dari Ftabelyakni 3,11.

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Published
2016-07-18
How to Cite
CAHYASARI, I. (2016). KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 455
PDF Downloads: 480