PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • PIPIN APRILIATIN

Abstract

Abstrak

Problem based learning merupakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang menggunakan masalah sebagai basis pengajarannya, sehingga mampu melatih siswa bisa lebih berpikir kritis dalam menghadapi sebuah permasalahan terutama permasalahan yang berhubungan dengan keseharaian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model problem based learning terhadap aktivitas kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Gresik dan untuk mengetahui pengaruh dari mengetahui pengaaruh dari model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one-group pretetst-posttets design. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Gresik. Subyek penelitiannya adalah kelas XI IIS2 yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis butir soal dengan uji validitas, reliabilitas, daya beda soal, tingkat kesukaran, kemudian ada analisis hasil pretest siswa dengan uji normalitas serta analisis posttest siswa dengan menggunakan uji t dua pihak untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penilaian sikap siswa pada kelas eksperimen yang menunjukkan adanya peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Kemudian dari hasil belajar siswa juga didapati adanya peningkatan dari hasil pretest ke hasil posttest yaitu sebesar 93.10 persen. Selain itu pengaruh problem based learning dapat dilihat dari uji hipotesis yang menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2.2176 > 2.048. Sehingga dari penelitian dapat disimpulkan kalau model problem based learning memiliki pengaruh signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Problem based learing, aktivitas belajar, hasil belajar.

Published
2016-07-20
How to Cite
APRILIATIN, P. (2016). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 476
PDF Downloads: 356