STUDI TENTANG KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI UANG DAN BANK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Pendidikan menjadi faktor penting dalam pembangunan sumber daya manusia dan merupakan investasi jangka panjang yang nantinya dapat menentukan masa depan generasi penerus bangsa. Studi tentang kelayakan media bertujuan untuk mengetahui media yang digunakan, alasan penggunaan media dalam pembelajaran ekonomi serta kelayakan media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahap pada penelitian ini adalah tahap studi pendahuluan, tahap kepustakaan, tahap srudi lapangan, tahap analisis data. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara guru ekonomi dan angket lembar telaah media. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data wawancara serta dokumentasi yang berhubungan dengan media pembelajaran dan kelayakan media pembelajaran ekonomi.Hasil pengumpulan data wawancara oleh guru ekonomi yang dilakukan untuk mengetahui alasan penggunaan media. Media yang digunakan dalam pembelajaran ekonomi kelas X adalah poster uang, powerpoint, dan audiovisual. Karena lebih efisien, efektif, dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Hasil pengolahan data yang diolah menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru ekonomi kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya layak digunakan, yaitu dengan kriteria kelayakan ≥76% (sangat layak).
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Ekonomi
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 0