PENGARUH KEBIJAKAN MONETER TERHADAP INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) DI INDONESIA 

  • MOHAMMAD YUSRON SOLIKIN

Abstract

Abstrak

Inflasi merupakan kenaikan harga secara terus menerus yang mengakibatkan harga barang lainya naik. Di Indonesia inflasi terjadi setiap tahunya. Dampak dari inflasi juga mempengaruhi produk domestik bruto (PDB). Kebijakan moneter merupakan kebijakan yang mengatur terkait jumlah uang beredar dan suku bunga SBI yang berhubungan dengan inflasi dan produk domestik bruto (PDB). Di Indonesia kebijakan moneter ditentukan oleh bank Indonesia. Kebijakan moneter dapat menurunka inflasi dengan cara menurunkan jumlah uang beredar dan menaikan suku bunga SBI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan moneter terhadap inflasi dan produk domestik bruto (PDB) di Indonesia.

Penelitian ini merupakan jenis penilitian deskriptif kuantitatif jika ditinjau dari sifatnya. Sedangkan jika ditinjau dari tingkat penjelasanya penelitian in termasuk penelitian asosiatif. Model yang digunakan adalah model data panel dengan estimasi Common Effect, Fixed Effect, dan Random Effect. Hasil penelitian in menunjukan bahwa suku bunga SBI mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap inflasi dan produk domestik bruto (PDB). Sedangkan jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi dan produk domestik bruto di Indonesia.

Kata Kunci : Suku Bunga SBI, Jumlah Uang Beredar, Inflasi, Produk Domestik Bruto.

Published
2016-07-26
How to Cite
YUSRON SOLIKIN, M. (2016). PENGARUH KEBIJAKAN MONETER TERHADAP INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) DI INDONESIA . Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7774
PDF Downloads: 1488