PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASL BELAJAR SISWA KELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

Authors

  • IKA SURYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Hasil belajar adalah sejauh mana tingkat pengetahuan anak terhadap materi yang diterima dan dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar yang diterapkan pada siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang datangnya dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa diantaranya adalah faktor keterampilan mengajar guru dan minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, (2) pengaruh minat belajar kelas terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, (3) pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 107 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar, (2) minat belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar, (3) keterampilan mengajar guru dan minat belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: keterampilan mengajar guru, minat belajar, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

SURYATI, I. (2016). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASL BELAJAR SISWA KELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 338 , PDF Downloads: 1120