Efektivitas Pengembangan LKS Berorientasi Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kebijakan Moneter kelas XI IIS

  • NINA AGUSTINA

Abstract

Abstrak

Proses kegiatan belajar mengajar tidak lepas dari adanya sebuah bahan ajar. Bahan ajar dipilih guru untuk sebagai sarana menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Salah satu bahan ajar yang gencar digunakan adalah LKS. Dalam penggunaan sebuah bahan ajar, perlu adanya inovasi termasuk ketika guru memilih untuk menggunakan LKS sebagai bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kelayakan LKS yang dinilai oleh ahli materi, bahasa, dan pembelajaran, 2) untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan LKS, 3) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap LKS.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan yang meliputi Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran, namun tahap penyebaran tidak dilakukan pada penelitian ini. Setelah dilakukan proses telaah para ahli memberikan nilai keseluruhan rata-rata sebesar 85% sehingga dapat dinyatakan sangat layak. kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 19 siswa, setelah siswa mengerjakan LKS, maka peneliti memberikan tes untuk mengukur sejauh mana efektivitas penggunaan LKS, hasilnya, rata-rata siswa mendapatkan nilai sebesar 90,3 dengan predikat A dan 94,7 siswa dinyatakan tuntas mengerjakan soal tipe C4 dan C5. Kemudian peneliti memberikan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang telah peneliti kembangkan, hasilnya sebanyak 96,7% siswa menjawab “ya” untuk poin-poin pernyataan, sehingga disimpulkan bahwa siswa merespon positif pengembangan LKS berorientasi problem based learning.

Kata Kunci: bahan ajar, LKS, problem based learning, berpikir kritis, kebijakan moneter

Published
2016-08-10
How to Cite
AGUSTINA, N. (2016). Efektivitas Pengembangan LKS Berorientasi Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kebijakan Moneter kelas XI IIS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 164