PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOPERASI KELAS X IIS DI SMAN 2 MEJAYAN MADIUN

  • YULIA MEGAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi koperasi kelas X IIS di SMAN 2 Mejayan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah metode eksperimen kuasi, dan desain penelitiannya yaitu “Nonequivalent Control Group Design”. Subjek penelitian di dalam penelitian ini yaitu kelas X IIS 1 dan X IIS 2, 27 siswa X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan instrumen penelitian berupa pretest-posttest yaitu 20 butir soal pilihan ganda dan 4 uraian., dan angket untuk mengetahui pendekatan saintifik. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dalam uji ANOVA menunjukkan nilai F 55,409 dan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikansi (0,000) < 0,05 artinya signifikan pada 0,05. Jadi dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Dengan demikian pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan direkomendasikan sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.

Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Hasil belajar

Published
2016-08-19
How to Cite
MEGAWATI, Y. (2016). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOPERASI KELAS X IIS DI SMAN 2 MEJAYAN MADIUN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 172