PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 TUBAN

  • MUAFIFAH KUSNIAWATI

Abstract

Abstrak

Siswa SMA adalah masa remaja dimana seseorang sedang mencari jati dirinya. Remaja atau siswa belum memiliki dasar atau prinsip yang kuat untuk berperilaku, bersikap, dan bertanggung jawab. Didukung dengan status sosial ekonomi orang tuanya. Maka, diperlukan pengetahuan tentang cara berkonsumsi atau tentang literasi ekonomi yang cukup pada siswa untuk menjadikan siswa memilki perilaku konsumsi yang lebih baik.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (2) untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (3) untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban.Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunkan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 97 siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunkan angket untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua dan perilaku konsumsi siswa, tes untuk mengetahui literasi ekonomi yang dimiliki siswa, wawancara untuk mengetahui pembelajaran ekonomi disekolah dan perilaku konsumsi siswa, dokumentasi untuk mendapatkan foto saat penelitian dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (2) Terdapat pengaruh signifikan antara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban, (3) Secara bersama-sama status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi berpengaruh tergadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban.

Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumsi

 

Abstract

High school students as teenagers is a time where someone is looking for its identity teenagers or student do not have the basic or strong principles to behave, act and be responsible, with supported socio-economic status of parents, the necessary knowledge on how to comsume or on economic literacy. Moreover, it is supported by the socio economic status of their parents. Thus, required considerable economic literacy to students to make students have more rational consumption behavior. The purpose of this study is (1) to analyze the influence of socioeconomic status of parent to the consumption behavior of students of class X IPS in SMA Negeri 2 Tuban, (2) to analyze the influence of economic literacy to the consumption behavior of students of class X IPS in SMA Negeri 2 Tuban, (3) to analyze the influence of socioeconomic status of parent and economic literacyto the consumption behavior of students of class X IPS in SMA Negeri 2 Tuban. The research method is associative research using a quantitative approach. The sample in this study is 97 students of class X IPS di SMA Negeri 2 Tuban. Data collection techniques in this research that using a questionnaire to know the students socio-economic status of parents and consumption behavior , test to know the economic literacy of the students, interview to know the economic learning in school and consumption behavior students, documentation to get photos current research and observation. The result of this study showing that (1) there is significant influence between social economic status of parents to consumption behavior of X IPS in SMA Negeri 2 Tuban, (2) there is significant influence between economic literacy to consumption behavior of X IPS in SMA Negeri 2 Tuban, (3) simultaneously, socio-economic status of parents and economic literacy to consumption behavior of X IPS in SMA Negeri 2 Tuban.

Keywords : Social Economic Status Of Parents, Economic Literacy, Consumption Behavior

Published
2016-08-29
How to Cite
KUSNIAWATI, M. (2016). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1531
PDF Downloads: 2105