PENGEMBANGAN MEDIA CARD MATCH(KARTU BERPASANG) PADA MATERI APBN DAN APBD KELAS XI IIS SMAN 1 KREMBUNG

  • DEWI NOVAYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses pengembangan media card match (2) kelayakan media card match (3) respon siswa terhadap media card match. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan. Penelitian pengembangan ini  menggunakan model Thiagarajan Semmel and semmel yakni 4-D, yang mana terdiri dari 4 tahapan yakni  tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian media card match menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif  yang berasal dari hasil validasi oleh para ahli serta data kualitatif yang berasal dari hasil telaah para ahli.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, media card match memperoleh hasil validasi dari para ahli materi dengan prosentase sebesar 80% dengan kriteria layak dan 95% dari ahli media dengan kriteria sangat layak. Media card match di uji cobakan kepada 18 siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Krembung, Sidoarjo. Hasil uji coba terbatas pada media card matchdiperoleh  prosentase sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, maka media card match pada materi APBN dan APBD sangat layak sebagai media yang dikembangkan. 

Published
2017-07-19
How to Cite
NOVAYANTI, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA CARD MATCH(KARTU BERPASANG) PADA MATERI APBN DAN APBD KELAS XI IIS SMAN 1 KREMBUNG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 262
PDF Downloads: 247