PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO

  • INDARTI KUSUMANINGTYAS

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa belum memahami mengenai literasi keuangan. Literasi keuangan yang rendah ini didukung dengan kecenderungan gaya hidup yang tinggi. Gaya hidup dapat dilihat dari benda yang mereka miliki dan mereka pakai sehari-hari. Literasi keuangan yang rendah didukung dengan tingginya gaya hidup memunculkan perilaku konsumtif di kalangan siswa SMA Negeri 1 Taman.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis tentang ada tidaknya pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. 2) menganalisis tentang ada tidaknya pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. 3) menganalisis tentang ada tidaknya pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo.

Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, yaitu data dalam bentuk angka yang dapat dihitung. Data tersebut diperoleh melalui angket yang diberikan kepada responden yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Taman.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Oleh karena itu, semakin baik literasi keuangan maka akan menghindarkan dari perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh siswa berikut. Namun berlaku sebaliknya semakin tinggi  gaya hidup maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh siswa berikut.

 

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Regresi Linier Berganda.

Published
2017-07-19
How to Cite
KUSUMANINGTYAS, I. (2017). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 3255
PDF Downloads: 3419