PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Driyorejo dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Dalam pelaksanaannya menggunakan lembar kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang terdiri dari 29 siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 27,58 dan posttest sebesar 70,69. Selanjutnya hasil dari uji hipotesis dengan metode Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti 14H0"> ditolak dan 14Ha"> diterima, sehingga ada peningkatan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif, Lembar Kerja Siswa, Model pembelajaran Treffinger
Abstract
This research aims to describe the learning process on economic subjects in class XI IIS 1 SMA Negeri 1 Driyorejo by using Treffinger learning model. In the implementation of learning using aided Student Worksheet (LKS) to the ability of creative thinking. This type of research is pre-experimental One Group Pretest-Postest Design. The sampling technique used a saturated sample technique consisting of 29 students. The results showed that the average pretest score of 27.58 and posttest was 70.69. Furthermore, the result of hypothesis test by Paired Sample T-Test method shows that the learning model of Treffinger with Student Works Sheet (LKS) is obtained by 0.000 significance value less than 0.05. This means that 14H0"> is rejected and 14Ha"> accepted, so there is an increase in creative thinking using the Treffinger assisted LKS.
Keywords: Creative thinking ability, Student Worksheet, Treffinger learning model
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 105