PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

  • AHMAD RIFAI

Abstract

Penelitian“ini bertujuan untuk mengetahui apakah Interaksi edukatif dan Reward mempunyai pengaruh positifFdan signifikansi terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Gresik yang berjumlah 100 orang. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebesar 78 orang. Teknik pengumpulan dataayang digunakan adalahhobservasi, dokumentasiidan angket. Teknikkanalisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan determinasi. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi linear”berganda Y= 27,531 + 0,188 X1 + 0,218 X2.“Variabel Interaksi edukatif memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa dengan nilai sig <0.05 atau 0.15<0.05 dengan T hitung 2,494, Variabel Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa dengan nilai sig <0.05 atau 0.39<0.05 dengan Thitung 2,101. Secara bersama-sama Interaksi edukatif dan Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keaktifan dengan nilai sig <0.05 atau 0.00<0.05. Persentase sumbangan Interaksi edukatif dan Reward terhadap keaktifan sebesar 22,1%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Interaksi edukatif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan dan Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan. Secara simultan Interaksi edukatif dan Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan.

 

Kata kunci: Interaksi Edukatif, Reward dan Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa.

Published
2017-07-21
How to Cite
RIFAI, A. (2017). PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 181