PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 MAN 7 JOMBANG

  • S KAMILATUL ABIDAH

Abstract

Perkembangan IPTEK semakin hari semakin maju membuat kita harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dalam semua aspek kehidupan. Salah satunya yaitu terkait pendidikan. Di Indonesia aturan tentang pendidikan dibuat sedemikian rupa untuk pendidikan terbaik. Namun, pada kenyatannya masih terdapat permasalahan. Contoh permasalahan pendidikan terdapat disekolah MAN 7 Jombang dikelas X IPS I yaitu aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kurang maksimal.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes tulis dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IPS I di MAN 7 Jombang. Materi pembelajaran yang digunakan adalah materi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang termasuk dalam KD 3.5.

Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan. Dari siklus I nilai rata-rata keseluruhan 79,86% yang termasuk dalam kategori baik namun belum mencapai keberhasilan menjadi 90,7% pada siklus II, yang termasuk dalam kategori sangat baik dan telah mencapai keberhasilan. Aktivitas siswa pada saat pembelajaran menunjukkan peningkatan nilai rata-rata keseluruhan dari siklus I sebesar 75% yang termasuk kategori baik namun belum mencapai keberhasilan menjadi 90% pada siklus II yang termasuk kategori sangat baik dan telah mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW). Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 67,5% menjadi 87,5% pada siklus II.  Kesimpulam dari penerapan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) ini adalah model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Cooperative Learning, Think Talk Write, aktivitas siswa, Hasil Belajar

Published
2017-07-21
How to Cite
KAMILATUL ABIDAH, S. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 MAN 7 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 228