PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X – IIS SMA NEGERI 17 SURABAYA

  • PARAMITA NUR HAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya pada Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Jenis pada penelitian ini kuasi eksperimen  (Quasi Eksperimentas Design) dengan bentuk desain Nonequivalen Control Gruop Design. Populasi dalam pelitian ini adalah seluruh kelas X IIS SMA  Negeri 17 Surabaya dengan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Sebelum model pembelajaran talking stick diterapkan, penelitimelakukan pre – test untuk manteri manajemen dan didapatkan nilai 55,00 untuk nilai rata – rata kelas eksperimen dan 54,21 untuk kelas kontrol. Setelah model pembelajaran talking stick diterapkan dan post test dilakukan, skor yang didapat mencapai 85,00 untuk nilai rata – rata kelas eksperimen dan 73,28 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis SPSS dari t – test dengan taraf  signifikansi α = 0,05, nilai ρ didapat sebesar 0,000 < 0,05 dan dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari nilai, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi materi manajemen kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya.

Kata Kunci : Talking stick, Hasil belajar siswa

Published
2017-07-21
How to Cite
NUR HAYATI, P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X – IIS SMA NEGERI 17 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 278