PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X – IIS SMA NEGERI 17 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya pada Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Jenis pada penelitian ini kuasi eksperimen (Quasi Eksperimentas Design) dengan bentuk desain Nonequivalen Control Gruop Design. Populasi dalam pelitian ini adalah seluruh kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya dengan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Sebelum model pembelajaran talking stick diterapkan, penelitimelakukan pre – test untuk manteri manajemen dan didapatkan nilai 55,00 untuk nilai rata – rata kelas eksperimen dan 54,21 untuk kelas kontrol. Setelah model pembelajaran talking stick diterapkan dan post test dilakukan, skor yang didapat mencapai 85,00 untuk nilai rata – rata kelas eksperimen dan 73,28 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis SPSS dari t – test dengan taraf signifikansi α = 0,05, nilai ρ didapat sebesar 0,000 < 0,05 dan dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari nilai, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi materi manajemen kelas X IIS SMA Negeri 17 Surabaya.
Kata Kunci : Talking stick, Hasil belajar siswa
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 278