PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • RIZAL IQBAL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarann, keaktifan siswa, dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK (penelitian tindakan kelas). Proses penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, serta Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: Observasi, Wawancara, dan Tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Gresik, serta objek penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gresik pada mata pelajaran Ekonomi. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends meningkat siklus I presentase penerapan model pembelajaran sebesar 75,61%. Siklus II presentase penerapan model pembelajaran sebesar 85,37%. Sedangkan keaktifan siswa siklus I presentase keaktifan klasikal sebesar 60,16%. Siklus II presentase keaktifan klasikal mengalami kenaikan mencapai 81,25%. Hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata sebesar 73,06. Ketuntasan klasikal 65,63%.SSiklus II rata-rata kelasmmengalami peningkatan sebesar 81,93 serta ketuntasan klasikal sebesar 81,82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaram kooperatif tipe timeetoken arends dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: time token arends, keaktifan, hasil belajar.

Published
2017-07-21
How to Cite
IQBAL, R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 299
PDF Downloads: 305