PENGARUH HASIL BELAJAR EKONOMI DAN GENDER TERHADAP TINGKAT MELEKEKONOMI MAHASISWA
Abstract
Hasil sementara tes melek ekonomi ini menunjukkan bahwa pemahaman ilmu ekonomi mahasiswa belumoptimal. Hasil survei sementara ini, menunjukkan bahwa perilaku ekonomi mahasiswa belum sepenuhnyamencerminkan prinsip-prinsip ekonomi. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanapengaruh secara parsial dan simultan Hasil Belajar Ekonomi dan Gender terhadap Tingkat Melek Ekonomimahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Metode penelitian inimerupakan penelitian asosiatif. Dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan2015 yang berjumlah 82 mahasiswa. Dan digunakan sampel populasi atau sampel jenuh. Uji regresi linierberganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil studi menunjukkan bahwa variabel hasil belajar ekonomi,dan gender secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat melek ekonomi mahasiswa program studipendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi. Sedangkan secara parsial variabel hasil belajar ekonomiberpengaruh terhadap tingkat melek ekonomi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi jurusanpendidikan ekonomi. Varaibel gender secara parsial tidak memengaruhi tingkat melek ekonomi mahasiswaprogram studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi. Koefisien determinasi R square sebesar0,307. Jadi dapat dikatakan bahwa 30,7 persen Tingkat Melek Ekonomi dipengaruhi oleh Hasil BelajarEkonomi dan Gender. Dan sebesar 60,3 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini.
Kata Kunci : melek ekonomi, gender, hasil belajar ekonomi
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 136