PENGARUH HASIL BELAJAR EKONOMI DAN GENDER TERHADAP TINGKAT MELEKEKONOMI MAHASISWA

  • NISSYA ANDREA NINGSIH

Abstract

Hasil sementara tes melek ekonomi ini menunjukkan bahwa pemahaman ilmu ekonomi mahasiswa belumoptimal. Hasil survei sementara ini, menunjukkan bahwa perilaku ekonomi mahasiswa belum sepenuhnyamencerminkan prinsip-prinsip ekonomi. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanapengaruh secara parsial dan simultan Hasil Belajar Ekonomi dan Gender terhadap Tingkat Melek Ekonomimahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Metode penelitian inimerupakan penelitian asosiatif. Dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan2015 yang berjumlah 82 mahasiswa. Dan digunakan sampel populasi atau sampel jenuh. Uji regresi linierberganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil studi menunjukkan bahwa variabel hasil belajar ekonomi,dan gender secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat melek ekonomi mahasiswa program studipendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi. Sedangkan secara parsial variabel hasil belajar ekonomiberpengaruh terhadap tingkat melek ekonomi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi jurusanpendidikan ekonomi. Varaibel gender secara parsial tidak memengaruhi tingkat melek ekonomi mahasiswaprogram studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi. Koefisien determinasi R square sebesar0,307. Jadi dapat dikatakan bahwa 30,7 persen Tingkat Melek Ekonomi dipengaruhi oleh Hasil BelajarEkonomi dan Gender. Dan sebesar 60,3 persen  dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini.
Kata Kunci : melek ekonomi, gender, hasil belajar ekonomi

Published
2017-07-21
How to Cite
ANDREA NINGSIH, N. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR EKONOMI DAN GENDER TERHADAP TINGKAT MELEKEKONOMI MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 136