PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS SMAN 1 BANGSAL

Authors

  • MUSRIFATUL INDRIANI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%25p

Abstract

Tujuan“dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran peta konsep guna meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Bangsal. Peningkatan tersebut dikarenakan adanya kenaikan nilai pretest dan posttest siswa berdasarkan ketuntasan klasikal, dari 19% menjadi 91%. Siswa mengalami peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 72%. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji t dengan teknik analisis Paired-sampel T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.005, maka keputusan yang dapat diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat peningkatan perbedaan”hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran menggunakan peta konsep pada kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Bangsal.

 Kata Kunci: hasil belajar, strategi pembelajaran, peta konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-21

How to Cite

INDRIANI, M. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS SMAN 1 BANGSAL. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 82