MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT)

  • ADIFTYA WULAN S

Abstract

Pendidikan merupan cikal bakal dari lahirnya generasi yang cerdas. Pendidikan tidak hanya berlangsung pada satu saat saja, tapi pendidikan terus berlanjut tanpa mengenal usia yang disebut dengan istilah pendidikan seumur hidup. Dalam proses belajar mengajar perlu diciptakan kondisi yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Oleh sebab itu saat ini banyak model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran tipe TGT (Teams Game Tournament). Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 16 Surabaya. Penelitian menggunkan metode pengumpulan data kuantitatif dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh dari nilai pretest dan posttest serta angket nilai keaktifan siswa.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, keaktifan siswa pada siklus I adalah 69,75% dan pada siklus II 81,2%. Hasil belajar siswa pada pretest dan posttest siklus I adalah 60,1 dan 71,5. Hasil belajar siswa pada pretest dan posttest siklus II adalah 67,6 dan 76,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TGT (Teams Game Tournament) mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 16 Surabaya.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran tipe TGT (Teams Game Tournament), keaktifan siswa, hasil belajar

Published
2017-07-21
How to Cite
WULAN S, A. (2017). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT). Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 396
PDF Downloads: 272