Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Perdagangan Internasional di SMAN 1 Taman - Sidoarjo
Abstract
Media pembelajaran yang baik adalah media yang mampu membantu guru dalam mentransferkan ilmu yang diberikan. Media power point merupakan media yang sering di gunakan oleh guru. Namun media power point membuat siswa cepat bosan dikarenakan berisi teks bukan point dari materi. Sehingga siswa kesulitan menerima materi. Dengan menggunakan media video diharapkan siswa dapat memahami materi khususnya pada subbab teori perdagangan internasional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada materi perdagangan internasional, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pada materi perdagangan internasional, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis video pada materi perdagangan internasional. Jenis penelitian ini adalah dengan mengembangan media video menggunakan teori thiaganrajan yaitu model 4D Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap develop saja di sesuaikan dengan keadaan di lapangan. Adapun kesimpulan dari penelitian adalah (1) Pengembangan media video di sesuaikan dengan keadan di lapangan, seperti keadaan siswa yang cepat bosan dan tugas yang di berikan berisi 2 soal, (2) Untuk penilaian kelayakan materi mendapatkan nilai 80, dan penilaian media 78, dimana semua termasuk dalam kategori layak digunakan (3) respon siswa terhadap media video sangat tertarik hal ini terlihat dari hasil posttest siswa yang mendapatkan nilai rata-rata 85 di atas nilai kkm.
Kata Kunci :Media pembelajaran, video, teori perdagangan internasional
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 495