PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI LEMBAGA JASA KEUANGAN KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

  • ANISATUL MAGHFIROH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dilengkapi teka-teki silang pada materi lembaga jasa keuangan, 2) Mendeskripsikan respon guru ekonomi terhadap pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dilengkapi teka-teki silang pada materi lembaga jasa keuangan dan 3) Mendeskripsikan respon siswa kelas X terhadap media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dilengkapi teka-teki silang pada materi lembaga jasa keuangan.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model prosedural dengan langkah-langkah yang diadaptasi dari Dick and Carrey. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Driyorejo dengan melibatkan 20 siswa kelas X Ips 2. Setelah tahap ujicoba produk dilanjutkan tahap analisis dan pelaporan terhadap data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif yang diungkapkan dalam butir skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil penilaian kelayakan media oleh ahli materi adalah sebesar 86,57% berada pada kategori “sangat layak”. Sedangkan penilaian oleh ahli media memperoleh nilai 82,28% berada pada kategori “sangat layak”. 2) Hasil tanggapan guru dengan presentase kelayakan 100% berada pada kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran lembaga jasa keuangan di SMA Negeri 1 Driyorejo.

Kata Kunci: media pembelajaran, adobe flash, teka-teki silang, lembaga jasa keuangan.

Published
2017-07-25
How to Cite
MAGHFIROH, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI LEMBAGA JASA KEUANGAN KELAS X SMA NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 175