PENGARUH RESPON SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

  • ZEVA AGUSTYA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Desain pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “One-shoot case study”. Desain pada perlakuan proses pembelajaran akan di observasi hasilnya berupa respon siswa dan hasil belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, karena menggunakan angka atau perhitungan dalam pengumpulan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk angket penelitian ini dilakukan pada Sembilan puluh empat siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Ada lima aspek yang akan dinilai dalam proses pembelajaran yaitu waktu pembelajaran, teknik variasi pembelajaran, frekuensi tugas rumah, frekuensi penilaian, dan umpan balik.”Analisis data menunjukkan bahwa dari hasil olah data pada penelitian ini yakni, Thitungsebesar5,971 dan nilai”signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.”Dan diketahui nilai koefisien determinasi (R²) 0,018. Hal ini berarti 1,8% dari perubahan variabel hasil”belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1”Wonoayu dipengaruhi oleh proses”pembelajaran.”Selain itu dari hasil korelasi R sebesar 0,134 atau 13,4% menunjukkan”hubungan yang positif dan tergolong kuat antara proses pembelajaran dengan hasil belajar siswapadamatapelajaran”ekonomikelas X”IPS di SMA Negeri 1 Wonoayu. Kata Kunci: Pengaruh, Respon Siswa, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar.

Published
2017-08-29
How to Cite
AGUSTYA, Z. (2017). PENGARUH RESPON SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 604
PDF Downloads: 653