PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN”KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MINAT, DAN”HASIL BELAJAR”SISWA KELAS X IPS 1 PADA KOMPETENSI DASAR KONSEP MANAJEMEN DI SMA NEGERI 2 MEJAYAN
Abstract
Pendidikan merupakan”salah”satu aspek penting dalam membangun kemajuan”bangsa. Melalui”pendidikan sumber daya manusia dapat menjadi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas untuk membangun negeri ke arah yang lebih baik. Dilakukannya penelitian di SMA Negeri 2 Mejayan pada kelas X IPS 1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik kancing Gemerincing dikarenakan pemerataan pendapat siswa kelas X IPS 1 belum secara klasikal sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengajar di kelas dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, minat belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran”menggunakan Model”Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus menunjukan adanya peningkatan aktivitas’dan’hasil”belajar siswa dari siklus’I menuju siklus II. Dan minat siswa menunjukan hasil positif terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing.
Kata Kunci: Model’Pembelajaran’Kooperatif’Teknik Kancing”Gemerincing, Konsep Manajemen, Hasil Belajar Siswa.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 37