PENGARUH”MODEL’PEMBELAJARAN”DISCOVERY‘BASED LEARNING TERHADAP’HASIL BELAJAR”SISWA’MATA PELAJARAN”EKONOMI‘KELAS”X”IPS SEKOLAH”MENENGAH”ATAS

  • SITI KHALIMATUS SADIYAH

Abstract

Discoverybased learning ‘merupakan model’pembelajaran dalam”proses pembelajaran”pada kurikulum 2013 yangmengarahkan siswa”untuk dapat”menemukan sesuatu melalui prosespembelajaran. Tujuandari penelitian”ini adalah”untuk mencari datapengaruh’ dari model”pembelajaran discoverybasedlearning terhadaphasil belajar siswa mata”pelajaran ekonomi”kelasX IPS sekolah’menengah’atas. Jenis”penelitian yang”digunakan dalam”penelitian ini adalahpenelitian’eksperimen dengan metode eksperimen semu dan desain purwauji-purnauji dengan kontrol grup. Lokasi penelitian di SMA Sunan Giri Menganti.Subjek penelitian”ini adalah”siswa kelas,”X,”IPS 1,”dan X,”IPS,”2. Teknik,”pengumpulan data”menggunakan wawancara, observasi, dan tes,”yangterdiri dari,”pretest dan,”posttest. Teknik”analisis data”menggunakan analisis”butir soal”,dengan uji”validitas,”reliabilitas, daya*beda soal, tingkat”kesukaran,*kemudian*ada analisis”hasil,”pretest siswa”dengan uji”normalitas dan”homogenitas sertaanalisis posttest,”siswa dengan menggunakan,”uji t,”untuk uji hipotesis.*Hasil penelitian*menunjukkan bahwa,”model*pembelajaran discovery*based learningberpengaruh”pada,*hasil belajar*siswa.Nilai rata-rata”hasil<”posttest”kelas eksperimenadalah 75,68 sedangkan”rata-ratahasil’posttest’kelas’kontrol’adalah*62,72.*Hasil belajar siswa”kelas”eksperimen yang”menggunakan model”pembelajaran”discoverybased learning memiliki nilai rata-ratayang”lebih tinggi”di banding kelas kontrol”yang menggunakan model”pembelajaran langsung. Selain itu pengaruh model pembelajaran discoverybased learnin dapat”di lihat dari”uji hipotesis”yang menunjukkan bahwa’hasilsignifikansi t’hitung 0,000<0,05.Sehingga daripenelitian inidapat di simpulkan model pembelajaran discoverybasedlearning memiliki’pengaruh signifikanterhadaphasil’belajar’siswa.

Kata’kunci: Model Pembelajaran Discovery Based Learning, Hasil Belajar.

Published
2017-11-28
How to Cite
KHALIMATUS SADIYAH, S. (2017). PENGARUH”MODEL’PEMBELAJARAN”DISCOVERY‘BASED LEARNING TERHADAP’HASIL BELAJAR”SISWA’MATA PELAJARAN”EKONOMI‘KELAS”X”IPS SEKOLAH”MENENGAH”ATAS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 150