PENGARUH POTENSI DIRI, PRESTASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE FAKULTAS EKONOMI DI PERGURUAN TINGGI

  • SITI FATIMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh potensi diri, prestasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi baik secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi di dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, kuisioner dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,31 dengan p<.01, Prestasi belajar berpengaruh negative tetapi signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar -0,27 dengan P=0.01, Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,21 dengan P=0.04, sedangkan pengaruh potensi diri, prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjukan pendidikan ke fakultas ekonomi di perguruan tinggi sebesar 0,16 atau 16%.

Kata Kunci: potensi diri, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, minat






Published
2018-07-13
How to Cite
FATIMAH, S. (2018). PENGARUH POTENSI DIRI, PRESTASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE FAKULTAS EKONOMI DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 668
PDF Downloads: 695