PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN BINGO PADA MATERI BANK SENTRAL, SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 KREMBUNG

  • RENA ARDENIA MAHARDITA

Abstract

Permainan Bingo merupakan jenis pembelajaran yang menerapkan keaktifan siswa agar pada saat pembelajaran siswa tidak merasa bosan dan siswa akan lebih memperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk media pembelajaran berupa permainan Bingo, respon peserta didik terhadap pengembangan media serta untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Desain uji coba yang digunakan adalah Quasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil validitas media menunjukkan rata-rata nilai sebesar 87% dengan kategori sangat layak dan validitas materi menunjukkan rata-rata nilai sebesar 85% mendapat kategori sangat layak. Respon siswa setelah menggunakan media permainan Bingo mendapat total rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data kedua kelompok menggunakan uji t yang diperoleh dari hasil post test dengan nilai signifikan sebesar 0,002 pada taraf signifikan 5% maka nilai signifikan 0,002 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa permainan Bingo layak dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran.

Kata Kunci: media pembelajaran, permainan Bingo, hasil belajar.

Published
2018-07-26
How to Cite
ARDENIA MAHARDITA, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN BINGO PADA MATERI BANK SENTRAL, SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 KREMBUNG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 136