PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 LAMONGAN

  • DHITA PARAMITA PRATIWI

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Sampel menggunakan 82 siswa pada semua siswa kelas IPS X 2018 di SMA Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel tersebut. Sedangkan peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif karena peneliti menggunakan perhitungan yaitu dengan aplikasi statistik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling karena sampelnya dilakukan secara acak dan tidak membedakan sampel. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap vaiabel keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar vaiabel terhadap hasil belajar siswa, (3) terhadap variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar simultan berpengaruh pada hasil belajar pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Lamongan.

Kata Kunci : hasil belajar, lingkungan keluarga, motivasi belajar.

Published
2018-07-31
How to Cite
PARAMITA PRATIWI, D. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 3540