PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO PADA MATERI BANK UNTUK SISWA KELAS X IIS MAN 2 LAMONGAN

  • LUTVIA AGUSTIN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan, kelayakan, respon siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pengembangan media pembelajaran kartu Uno pada materi Bank untuk siswa kelas X IIS di MAN 2 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D (Research and Development) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN 2 Lamongan yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat nilai 91,32% masuk dalam kriteria sangat baik, kelayakan materi oleh ahli materi mendapat nilai 92,83% masuk dalam kriteria sangat baik, dan kelayakan ahli media oleh ahli media mendapat nilai 91,98% masuk dalam kriteria sangat baik; (2) Respon siswa mendapat nilai presentase 96% masuk dalam kriteria sangat baik atau sangat tertarik; (3) hasil belajar siswa meningkat dari 58,25 menjadi 94,25 sebelum dilakukan Pretest dan setelah dilakukan Posttest Dapat disimpulkan bahwa media kartu Uno layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: media pembelajaran, kelayakan media, hasil belajar siswa

Published
2018-08-01
How to Cite
AGUSTIN, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO PADA MATERI BANK UNTUK SISWA KELAS X IIS MAN 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 536