PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, PERSEPSI FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 SURABAYA

  • RIZKI ADEVIANA

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendapatan orang tua, persepsi fasilitas belajar, minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 16 Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunaka pendekatan asosiatif. Instrumen penelitian menggunakan angket metode analisis data yang digunakan analysis path dengan pendekatan spss. 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang negatif dan signifikansi antara tingkat pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 16 Surabaya secara parsial yaitu berpengaruh sebesar 0, 357 (2) ada pengaruh yang positif antara variabel persepsi fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 16 Surabaya secara parsial yaitu berpengaruh sebesar 0,012 (3) ada pengaruh yang negatif antara variabel minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 16 Surabaya secara parsial yairu berpengaruh sebesar 0,989 (4) ada pengaruh yang negatif dan signifikansi antara tingkat pendapatan orang tua, persepsi fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 16 Surabaya secara simultan, yaitu berpengaruh sebesar 14,7 % dan sisanya 85% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak di teliti.

Kata Kunci : tingkat pendapatan orang tua, persepsi fasilitas belajar, minat belajar dan hasil belajar

Published
2018-08-01
How to Cite
ADEVIANA, R. (2018). PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, PERSEPSI FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 230