Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS B Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Khairul Ulum, Sampang

  • EKY AGUSTENY

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh status sosial ekonomi orang tua, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS B pada mata pelajaran ekonomi SMA Khairul Ulum, Sampang secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 28 siswa. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh positif secara parsial antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar; (2) Ada pengaruh negatif secara parsial antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar; (3) Ada pengaruh positif secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan (4) Terdapat pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua, lingkungan belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS B pada mata pelajaran ekonomi SMA Khairul Ulum, Sampang. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2, sebesar 89,7% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel status sosial ekonomi orang tua, lingkungan belajar dan motivasi belajar dan sisanya sebesar 10,3% ditentukan oleh variasi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: status sosial ekonomi, lingkungan belajar, motivasi belajar, hasil belajar.






Published
2018-08-10
How to Cite
AGUSTENY, E. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS B Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Khairul Ulum, Sampang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 145