PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MASALAH POKOK EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI KELAS X MIPA SMAN 1 GEDANGAN
Abstract
Penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) sebagai bahan ajar belum sesuai kebutuhan peserta didik, serta rendahnya kegiatanya diskusi membuat siswa kurang terlatih keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian untuk mengembangkan LKS berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada kelas X di SMA, yang meliputi: 1) mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dan, 2) mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan. Penelitian ini berdasarkan pengembangan ini 4D Thiagarajan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Penelitian terbatas pada tahap develop. Hasil penelitian terdiri dari: 1) kelayakan lembar kegiatan siswa diperoleh melalui validasi oleh ahli materi dan ahli pembelajaran dan persentase hasil rata-rata validasi yang menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa layak digunakan dalam pembelajaran. 2) Lembar kegiatan siswa membantu siswa meningkatkan berpikir kritis ditinjau dari adanya peningkatan berpikir kritis pada indikator interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan evaluasi serta peningkatan hasil belajar siswa pada kegiatan pretest ke posttest dengan kategori peningkatan hasil belajar yang tinggi.Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis., Lembar Kegiatan Siswa
Published
2018-08-10
How to Cite
RAHMA AJENG APRILIAN, I. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MASALAH POKOK EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI KELAS X MIPA SMAN 1 GEDANGAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Issue
Section
Articles
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 242