STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017-2018

  • NUR LITA FARIDAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran scramble dan metode pembelajaran role playing pada materi manajemen kelas X IIS di SMA Negeri 3 Surabaya tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment metode pembelajaran role playing dan kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan treatment metode pembelajaran scramble. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji hipotesis yang dilakukan pada nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis uji t pada taraf signifikan sig < 0,05, diperoleh 0,018 < 0,050. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran scramble dan metode pembelajran role playing. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran scramble memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran role playing yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen diperoleh sebesar 81,7 dan kelas kontrol diperoleh sebesar 70,7.

Kata Kunci : metode pembelajaran scramble, metode pembelajaran role playing, hasil belajar

Published
2018-08-13
How to Cite
LITA FARIDAH, N. (2018). STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017-2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 112