STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017-2018
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran scramble dan metode pembelajaran role playing pada materi manajemen kelas X IIS di SMA Negeri 3 Surabaya tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment metode pembelajaran role playing dan kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan treatment metode pembelajaran scramble. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji hipotesis yang dilakukan pada nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis uji t pada taraf signifikan sig < 0,05, diperoleh 0,018 < 0,050. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran scramble dan metode pembelajran role playing. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran scramble memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran role playing yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen diperoleh sebesar 81,7 dan kelas kontrol diperoleh sebesar 70,7.
Kata Kunci : metode pembelajaran scramble, metode pembelajaran role playing, hasil belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)